Balikpapan – Institut Teknologi Kalimantan melalui Program Pengabdian Masyarakat Matching Fund 2022 melangsungkan kegiatan di beberapa kemitraan, salah satunya di Desa Beringin Agung, Kecamatan Samboja, Kutai Kartanegara, dengan memuat tema “Strategi Branding Untuk Peningkatan Pemasaran Produk Olahan Nanas Bumdes Beringin Agung”.
Pelaksanaan kegiatan Pengabdian Masyarakat ini terdiri dari anggota yang meliputi Ibu Amanda Dwi Wantira, S.Tr.Log., M.T. (Dosen Teknik Logistik ITK) selaku ketua, serta Bapak Ade Wahyu Yusariarta Putra Parmita, S.T., M.T. (Dosen Teknik Material dan Metalurgi ITK), Ibu Barokatun Hasanah S.T., M.T. (Koorprodi Teknik Elektro ITK), Bapak Deli Yansyah, S.E., M.Acc. (Dosen Bisnis Digital ITK), dan Ibu Happy Aprillia, S.ST., M.T., M.Eng.,Ph.D. (Dosen Teknik Elektro ITK), selaku anggota.
Desa Beringin Agung adalah sebuah desa di wilayah Kecamatan Samboja, Kabupaten Administratif Kutai Kartanegara, Provinsi Kalimantan Timur. Warga setempat menggunakan lahan yang ada untuk pertanian dan perkebunan seperti memproduksi tanaman padi, kelapa sawit, dan nanas. Nanas menjadi salah satu komoditas perkebunan yang banyak dibudidayakan masyarakat desa Beringin Agung. Komoditas perkebunan nanas yang ada di Desa Beringin Agung berpotensi menjadi produk olahan nanas, layaknya bakpia nanas, cake nanas, sambal nanas dan lain sebagainya.
Dari survey lapangan serta identifikasi permasalahan berdasarkan kondisi lingkungan masyarakat di Desa Beringin Agung, segenap tim pengabdian masyarakat program Matching Fund mengusulkan agar program pengabdian masyarakat yang dijalankan dapat melakukan optimalisasi upaya pemasaran produk olahan nanas Badan Usaha Milik Desa Beringin Agung, serta memperluas jangkauan pelanggan dengan memanfaatkan media promosi.
Realisasi strategi branding terhadap Badan Usaha Milik Desa Beringin Agung dimulai dengan penyelenggaraan Pelatihan Pembuatan dan Pengelolaan Media Promosi. Kegiatan pelatihan pembuatan dan pengelolaan media promosi ini ditujukan agar warga desa Beringin Agung, khususnya yang memiliki usaha yang sedang dijalankan seperti berjualan produk olahan makanan, dapat memperoleh praktik mengenai pengelolaan media promosi yang tepat.
Diikuti dengan penyelenggaraan Pelatihan Pembuatan Konten Promosi yang dimaksudkan agar dapat melatih kreatifitas pelaku usaha produk olahan nanas dalam mempersiapkan konten-konten promosi produk yang mereka olah. Melalui pelatihan ini, warga bersama mahasiswa bertukar ide kreatif dalam mendesain logo produk olahan nanas.
Kegiatan ini juga melibatkan mahasiswa sebagai peserta Kuliah Kerja Nyata (KKN) yang akan turut ikut menyukseskan program matching fund KedaiReka pada Desa Beringin Agung. Melalui kerjasama ini diharapkan dapat menjadi awal yang baik dalam mengoptimalkan pemasaran aneka produk olahan nanas di desa Beringin Agung dengan memanfaatkan digital marketing dalam upaya pemasaran produk.
Humas Institut Teknologi Kalimantan